«

»

Des 27

Kekeluargaan

Dalam belajar beladiri setiap orang memiliki tujuan dan maksud yang berbeda-beda, karena motivasi itulah yang membuat pribadi kita menjadi unik dan berharga.

Pada saat kami memulai belajar Wing Chun, semata-mata hanya untuk mengetahui seperti apa seni beladiri ini, bagaimana cara menggunakan manusia kayu, kenapa begini? kenapa begitu? dan berbagai pertanyaan yang lainnya.

Disamping itu, teman-teman yang berlatih bersama membuat suasana latihan menjadi ajang saling bertukar pengalaman dan membuat kami semakin akrab dan terbuka.

Dalam hidup kita selalu membutuhkan orang lain, karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial sehingga kita tidak bisa membiarkan ataupun mempertahankan ego kita terus-menerus, adakalanya kita harus mengalah dan mendengarkan pendapat orang lain, belum tentu mereka salah.

Kebersamaan dalam lingkungan latihan diperlukan dalam setiap dojo (tempat latihan) karena menciptakan suasana rileks dan nyaman bagi setiap praktisi beladiri. Kekeluargaan seperti inilah yang bisa membuat suatu ikatan dalam setiap praktisi beladiri menjadi akrab dan bertahan lama.

Setiap anggota bisa mengutarakan pendapatnya dan mendiskusikan persoalan baik mengenai latihan dan metode latihannya, latihan yang teratur tentunya menciptakan hasil yang diinginkan. Dalam lingkungan yang lebih luas di luar tempat latihan, kita bisa menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam berkeluarga maupun bermasyarakat.

Kita jangan lupa prinsip kungfu yaitu menyatu dengan alam bukan hanya sekedar belajar bagaimana memukul dan menendang, tetapi belajar hidup secara harmonis dengan lingkungan sekitar kita dan alam semesta…

Tautan permanen menuju artikel ini: http://wingchun-jakarta.com/in/2011/12/family/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *