«

»

Agu 27

Terus Belajar dan Menambah Wawasan (Hongkong 14 – 24 Agustus 2012)

Shigung Ip Ching dan Shifu Martin Kusuma

Liburan kali ini Shifu Martin Kusuma mendapat kesempatan untuk belajar selama 1 minggu bersama Shigung Ip Ching (guru dari Shigung Samuel Kwok sekaligus anak Grandmaster Ip Man) dan sedikit bertukar pikiran dengan Shigung Siu Yuk Men (salah satu murid senior Grandmaster Ip Man) serta bisa bertemu dengan murid Ip Man lainnya.

Dari Shigung Ip Ching, shifu Martin mendapat petunjuk dan masukan mengenai teknik wing chun yang selama ini dilatih serta memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada, selain itu beliau juga berkesempatan untuk berlatih chi sau dengan murid-murid Shigung Ip Ching yang datang dari berbagai negara.

Dari Shigung Siu Yuk Men, shifu Martin mendapat pemahaman yang sangat penting yaitu kita tidak bisa belajar dengan guru wing chun diluar line (garis silsilah) kita sendiri, yaitu Shigung Samuel Kwok – Shigung Ip Chun & Ip Ching, termasuk dengan dirinya (Siu Yuk Men), karena hal itu perbuatan yang tidak pantas dan tidak dapat dibenarkan dalam wing chun khususnya dan kung fu pada umumnya.

“Hal yang paling berkesan adalah para murid Grandmaster Ip man dan Shigung Ip Ching sangat welcome atas kunjungan saya, tanpa melihat kemampuan atau level saya yang sangat jauh dibanding mereka. Bagi mereka yang terpenting adalah silsilah yang jelas dan belajar dengan guru yang jelas pula,” demikian ungkap Shifu Martin Kusuma atas kesannya selama bertemu dengan mereka.

Tautan permanen menuju artikel ini: http://wingchun-jakarta.com/in/2012/08/keep-on-learning-and-gain-knowledge-hongkong-august-14-24-2012/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *