↑ Kembali ke Tentang Kami

Sejarah Wing Chun

Traditional Ip Man (TIM) Wing Chun Indonesia berawal dari sebuah perkumpulan penggemar wing chun Ip Man, bernama Brotherhood of Wing Chun (BoWC) Indonesia, yang dibentuk pada awal Januari 2010 oleh 4 orang: Martin Kusuma, Arifin, Abraham Nugroho dan Dino Limawan.

FounderPada tanggal 6 November 2011, Martin Kusuma diangkat menjadi murid secara resmi melalui upacara bai shi (link) oleh GM. Samuel Kwokdalam acara seminar Samuel Kwok Ip Man Traditional Wing Chun Kungfu Indonesia di Medan. Sejak saat itu, BoWC Indonesia mulai menerima murid dengan Martin Kusuma sebagai instruktur utama.

Misi BoWC Indonesia pada saat itu adalah memperkenalkan wing chun Ip Man kepada siapa saja di Indonesia tanpa memandang status sosial, agama, warna kulit, ras, kaya atau miskin. Misi ini sangat diterima oleh masyarakat Indonesia, sehingga BoWC pun dapat berkembang pesat dalam kurun waktu 2010 hingga 2014.

Berikut adalah sejarah penting BoWC Indonesia hingga 2014:

  • 17th – 20 March 2012
    BoWC Indonesia menggelar ujian kenaikan tingkat pertama untuk seluruh member. Materi ujian yang telah diciptakan untuk standardisasi materi pengajaran masih digunakan hingga saat ini. (detail information)
  • 4 Mei 2012
    BoWC Indonesia menciptakan program Wing Chun Journey, dimana Sifu Martin Kusuma beserta asisten akan menggelar seminar gratis di wilayah Indonesia yang belum mengenal wing chun Ip Man. (detail information)
  • 8 – 11 Juni 2012
    Sifu Martin diundang untuk berpartisipasi dalam Training Camp GM. Samuel Kwok, Enter the Dragon Training Camp di Aquitine, France. Sifu Martin adalah murid GM. Samuel Kwok satu-satunya dari Asia dalam Training Camp ini. (detail information)
  • 14 – 24 Agustus 2012
    Sifu Martin mengunjungi Hongkong untuk belajar langsung dari GGM. Ip Ching. Beliau juga mendapatkan kesempatan untuk mengenal GGM. Siu Yuk Men, salah satu murid dari Ip Man. Dalam perjalanan ini, Sifu Martin mendapatkan pelajaran berharga dari GGM. Ip Ching, yaitu seorang praktisi wing chun haruslah setia terhadap lineage nya dan hanya mempelajari wing chun dari lineage yang telah didapatkannya. (detail information)
  • 25 Agustus 2012
    Sifu Martin menciptakan buku panduan wing chun Ip Man pertama yang berbahasa Indonesia, dengan judul “Teknik dan Kunci Dasar Wing Chun Tradisional Ip Man”. Sebagian dari buku ini telah didonasikan untuk perpustakaan, sekolah, dan pesantren di sejumlah wilayah di Indonesia. (detail information)
  • 29 – 30 September 2012
    BoWC mengadakan seminar International Ip Man Traditional Wing Chun bersama GM. Samuel Kwok di Jakarta. Seminar ini dihadiri oleh lebih dari 70 orang, beberapa peserta berasal dari luar pulau Jawa (Bali dan Sumatra). Melalui seminar ini, masyarakat Indonesia mulai mengenal tokoh wing chun Ip Man dari Hongkong. (detail information)
  • 29 September 2012
    Sifu Martin terdaftar sebagai member permanen Ving Tsun Athletic Association (VTAA), Hongkong pertama dari Indonesia. Ini menunjukkan bahwa lineage Sifu Martin telah terdaftar dan ilmu wing chun Ip Man yang diajarkan di BoWC dapat dibuktikan keasliannya. Murid Sifu Martin pun dapat mendaftarkan diri untuk menjadi member permanen VTAA. (detail information)
  • 20 Oktober 2014
    BoWC melanjutkan tradisi bai shi, dengan mengadakan upacara bai shi untuk member yang secara resmi telah diangkat menjadi murid oleh Sifu Martin. Perlu diketahui bahwa upacara bai shi ini hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang sebelumnya telah mengikuti upacara bai shi dengan gurunya. (detail information)
  • 3 – 4 November 2012
    Sifu Martin Kusuma diundang untuk acara the 3rd Ving Tsun Athletic Association World Conference di Foshan, China. Acara ini terbuka untuk seluruh member VTAA dari seluruh dunia. Dalam kesempatan ini, Sifu Martin mengenal dan menjalin hubungan baik dengan murid dari GGM Ip Man dan GM Ip Ching seperti GM. Chu Song Ting, GM. Lee Kiu Yuen, GM. Lee Kin Yum, GM. Siu Yuk Men, Billy Davidson dan James Wong. (detail information)
  • 11 November 2012
    Sifu Martin Kusuma terdaftar sebagai Chief Instruktur Ving Tsun Athletic Association (VTAA), Hongkong. Sifu Martin mendapatkan kehormatan untuk menjadi Chief Instruktur VTAA pertama di Indonesia. (detail information)
  • 23 – 24 Februari 2013
    Program Wing Chun Journey pertama diadakan di Semarang, Jawa Tengah. Seminar ini dihadiri oleh 31 orang dari berbagai kota di Jawa Tengah seperti Tegal, Kudus, Pati, Solo dan Yogyakarta. Dari seminar ini, kini telah hadir 7 cabang pelatihan resmi BoWC/TIMWC di Semarang, dan 1 afiliasi pelatihan. (detail information)
  • 3 Mei 2013
    Sifu Martin Kusuma kembali mengunjungi Hongkong untuk berlatih langsung dan memperdalam ilmu wing chun Ip Man bersama GM. Ip Ching in Hong Kong. (detail information)
  • 1 April 2013
    Komunitas Tradisional Ip Man Wing Chun Semarang dan Komunitas Tradisional Ip Man Wing Chun telah resmi terdaftar sebagai cabang Brotherhood of Wing Chun (BoWC) Indonesia. (detail information)
  • 30 April 2013
    Ketekunan Sifu Martin Kusuma dalam mempelajari wing chun Ip Man dengan GM Ip Ching telah membuahkan hasil, dengan diterimanya Sifu Martin sebagai member permanen Ving Tsun Ip Ching Athletic Association (VTICAA), Hongkong. Murid Sifu Martin pun dapat mendaftarkan diri untuk menjadi member permanen VTICAA. (detail information)
  • 18 Juni 2014
    Komunitas Traditional Ip Man Wing Chun Solo dibentuk, dan resmi menjadi afiliasi Brotherhood of Wing Chun (BoWC) Indonesia. (detail information)
  • 6 Juli 2013
    Brotherhood of Wing Chun (BoWC) Indonesia berkesempatan untuk menampilkan wing chun Ip Man kepada pelajar dan khayalak umum di Trisakti Martial Arts Festival. (detail information)
  • 16 Juli 2013
    Brotherhood of Wing Chun (BoWC) Indonesia membuka kelas baru di Gelora Bung Karno, South Jakarta. Lokasi ini kemudian menjadi alamat domisili BoWC/TIMWC Indonesia. (detail information)
  • 30 Agustus – 1 September 2013
    Martin Kusuma dan asisten mengunjungi Semarang dan Solo sebagai bagian dari program Wing Chun Journey. (detail information)
  • 20 – 22 September 2013
    Program Wing Chun Journey kembali dilaksanakan, dengan tujuan Jogjakarta. Dalam kunjungan ini, Brotherhood of Wing Chun Jogjakarta secara resmi dibentuk. (detail information)
  • 24th – 26th January 2014
    Wing Chun Journey to Semarang for trainings and periodic examination of the two affiliates of Brotherhood of Wing Chun in Semarang. (detail information)
  • 8th – 9th February 2014
    Wing Chun Journey to Brotherhood of Wing Chun Jogjakarta for periodic examination, trainings, and evaluation session of organizational structure. (detail information)
  • 25th February 2014
    Wing Chun Journey to Brotherhood of Wing Chun Solo, for periodic examination, seminar, and evaluation of training methodologies. (detail information)
  • 1 – 8 Maret 2014
    BoWC kembali mengunjungi Hongkong dalam program Wing Chun Journey ke Hong Kong dan Foshan. Ini adalah program Wing Chun Journey internasional pertama yang digelar BoWC. Member BoWC yang ikut serta dalam program ini mendapatkan kesempatan untuk latihan bersama GM Ip Ching & GM Chu Shong Tin. Member juga mengunjungi makan GGM Ip Man.Dalam perjalanan ini, member membawa pulang pengetahuan yang lebih mendalam mengenai sejarah, lineage, tradisi, juga ilmu wing chun Ip Man yang tradisional.Wing Chun Journey ke Hongkong adalah program reguler setiap tahun, cek link ini unutk informasi detil. (detail information)
  • 3 – 5 April 2014
    Seminar Wing Chun Journey pertama di Ambon, Indonesia Timur. (detail information)
  • 12 April 2014
    BoWC Indonesia berhasil mencetak prestasi di kancah dunia melalui Ving Tsun Match, Hongkong, dengan kategori sebagai berikut:
    Taolu/Wing Chun Form Kategori Wanita:
    IKA SIRANA, mendapatkan Medali Emas (Juara 1) dalam kategori Siu Lim Tao dan Chum Kiu.
    Taolu/Wing Chun Forms Kategori Pria:
    DESTYAN ADIWASSESA, mendapatkan Medali Silver (Juara 2) dalam kategori Chum Kiu.
    Chi Sao/Sticking Hands Tournament:
    HARTONO LUKIDI berhasil mencapai Semi-Final.
    (detail information)
  • 2 – 3 Mei 2014
    Seminar Wing Chun Journey pertama di Bali, dengan Surya Dewata Wing. (detail information)
  • 12 Mei 2014
    BoWC berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah (STDI) Imam Syafi’i Jember untuk mengadakan seminar pertama di Jember, Jawa Timur. (detail information)
  • 22 Mei 2014
    Komunitas Wing Chun Ip Man Jember secara resmi menjadi afiliasi BoWC. (detail information)
  • 21 Juli 2014
    GM. Samuel Kwok menerbitkan surat yang menyatakan secara resmi bahwa Sifu Martin Kusuma telah menjadi praktisi wing chun yang independen. (detail information)
  • 6 Oktober 2014
    Brotherhood of Wing Chun Indonesia (BoWC) didaftarkan ke Departemen Kementrian Hukum dan HAM sebagai Tradisional Ip Man Wing Chun (TIMWC) Indonesia, dalam rangka untuk belajar dan menyebarkan wing chun Ip Man yang tradisional dan otentik kepada siapa saja di Indonesia tanpa memandang status sosial, agama, warna kulit, ras, kaya atau miskin. (detail information)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://wingchun-jakarta.com/in/tentang-kami/story/